PENEMU SEISMOGRAF,ZHANG HENG ILMUWAN ASAL TIONGKOK | Tips,Manual Dan Harga Sparepart

PENEMU SEISMOGRAF,ZHANG HENG ILMUWAN ASAL TIONGKOK

Seorang ilmuwan tiongkok ZHANG HENG berhasil menemukan sensor pengukur kegempaan yang kini dikenal sebagai seismograf.
      Seismograf dalam  bahasa yunani berarti seismos gempa bumi dan meter mengukur adalah alat atau sensor getaran,yang biasanya dipergunakan untuk mendeteksi gempa bumi atau getearan pada permkaan tanah.Hasil rekaman pada alat ini disebut seismogram.
Prototipe alat ini pertamakali diperkenalkan pada tahun 132 SM oleh matematikawan dinasti HAN bernama zhang heng .Dengan alat ini,bisa menentukan dari arah mana gempa bumi terjadi.
     Dengan perkembangan tehnologi sekarang,kemampuan seismometer dapat ditingkatkan,sehingga bisa merekam getaran dalam jangkauan frekuensi yang cukup lebar dan disebut seismometer broadband.
Seismograf adalah sebuah perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi.
     Sang penemunya zhang heng lahir di kabupaten nanyang provinsi Henan Tiongkok Tengah.Pada umur 17 tahun ia datang ke Chang'An.karena kemampuanya yang menonjol ia terpilih menjadi pejabat tinggi.
Dia sangat berminat pada ilmu alam,kususnya ilmu astronomi.Ia pernah dua kali meletakkan jabatanya dan meneliti pengetahuan bidang2  filsafat,matematika dan astronomi dalam 3 tahun,dan  mulai menyusun buku.
Zhang heng berpendapat langit seperti satu telur,tanah seperti kuning telur,langit besar dan tanah kecil.Teori itu sangat maju pada waktu itu.Menurut Zhang heng  satelit bergerak cepat karena perubahan jaraknya dengan matahari.Ilmu modern membuktikan,cepat atau tidaknya satelit bergerak,bergantung pada jaraknya dengan matahari.
Disamping penelitian teori.Zhang heng pernah membuat satu mesin gempa bumi yang pertama didunia untuk memeriksa gempa bumi.
Pada tahun 138,dengan menggunakan mesin itu ia berhasil mencatat gempa bumi di propinsi shaanxi.
   Menurut penghitungan Zhang heng,didaerah Tiongkok dapat terlihat 2500 buah bintang.Ia telah membuat banyak teori gerhana bulan.Dia berpendapat,matahari pada pagi dan malam hari serta siang hari memiliki bentuk yang sama.Zhang heng terhitung telah menulis 32 karya di bidang bidang ilmu,filsafat dan kesastraan.
Demikian semoga tulisan ini banyak berman faat bagi para pembaca semua.

Blog, Updated at: 8.2.14

0 komentar:

Translate