Honda Vario Techno (HVT)
125, sejatinya punya satu sok belakang. Namun, HVT 125 kepunyaan
Nasrullah sudah adopsi double sok layaknya skubek premium Honda PCX
Series. Kalau sobat mau tiru triknya, Nasrullah rela berbagi. “Selain
bergaya skubek premium PCX, tentunya dengan double sok, saat nikung
lebih stabil. Secara teknis, pembuatannya kita serahkan ke bengkel Las
Setia Jaya,” bilang Nasrul, member HVC Jakarta.
Agar peredam kejut belakang jadi dua,
tentunya dudukan wajib dibikin. “Untuk menentukan kemiringan sok, harus
bikin dudukan atas di rangka asli HVT 125. Posisi harus disejajarkan
dengan sok sebelah kiri agar center. Bahan dudukan sok ini terbuat dari
plat besi tebal 3 mm yang dilas listrik,” bilang Sugianto, dari Las
Setia Jaya.
Karena ada dudukan sok, tangki harus rela
dicoak sesuai dimensi sok dan dudukannya. Agar lebih aman saat mencoak
tangki, Yanto kasih saran, kuras terlebih dahulu bahan bakar dan copot
komponen pompa bensin. Baru deh tangki dicoak dan dibentuk ulang pakai
pelat besi tebal 1,2 mm. “Setelah bagian atas rapi, giliran bikin
dudukan bawah yang ditempel pada swing arm,” terang pria ini.
Lengan ayun bawaan HVT 125, masih standar
tulen. Hanya saja, untuk dudukan sok dibikin cover dari plat besi yang
diikat mengikuti dudukan baut yang berjumlah 4 biji di swingarm.
“Pelat yang digunakan untuk dudukan sok
ini terbuat dari pelat besi tebal 5 mm. Sedangkan untuk antingnya,
dibikin dari plat besi tebal 18 mm dan tinggi sekitar 8 cm. Yang
penting, anting-anting sok kanan wajib sejajar dengan anting-anting sok
kiri agar center,” papar pria yang buka workshop di Jl. Raya Pekayon No.
6, Jakasetia, Bekasi Selatan, Jawa Barat.
Nah, karena jumlah sok sudah jadi dua.
Pilihan sok jangan pakai kepunyaan Honda PCX Series. Karena, tinggi sok
terlalu pendek saat dipakai di HVT 125. Jadi, sobat wajib tebus satu
lagi sok belakang kepunyaan HVT 125. Agar makin aksi, bisa sanding dua
sok HVT 125 merek YSS Hybrid. Sobat mau order atau bikin? Monggo, tanya
dulu di nomer (021) 9292-0489.Semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar